Jumat, 22 Juli 2011

Sucker Punch (2011)


Secara nggak sadar, mungkin dunia perfilman Holiwut itu udah jenuh, capek, lelah sama film yang nggak ada variasinya. Kalo nggak superhero, ya horor dengan sound yang bisa bikin kuping impoten, atau drama klise tentang cewek-cowok yang lagi mabok ganja terus bilang ai lap yu. Jenuh, makanya, ketika film model Sucker Punch nongol di layar lebar, orang-orang lifeless dari berbagai kubu ngerasa punya misi tertentu untuk ngebuat film nggak biasa ini dikenal komunitas tukang nonton. Kubu satu, mereka yang ngerasa Sucker Punch itu semacem penghinaan sinematik yang ngebuat doski tarik napas tiap liat bokong semok nongol di layar, kubu dua, mereka yang langsung ngambil tisu begitu bokong semok nongol di layar. Dua kubu gede ini bisa lo temui dimanapun di Internet, di blog-blog reviewer film, kenapa? Karena mereka nggak punya kerjaan, dan karena emang film yang satu ini emang badass.

Tentunya, gue kubu yang kedua.
Sucker Punch berawal dari emak Baby Doll (Emily Browning) yang meninggal dan ngebuat bokap tirinya frustasi, bukan frustasi karena istri tercinta meninggal, tapi karena warisannya malah dikasih ke dua anaknya. Akhirnya, si bokap sarap ini punya ide masukin anaknya ke rumah sakit jiwa dan dengan sedikit pelicin, mengatur praktek lobotomy biar anaknye ini jadi pikun. Baby Doll yang sadar dengan hal ini merencanakan buat kabur dari RSJ tersebut—dengan cara, memanfaatkan alam khayalnya untuk mendapatkan barang-barang tertentu yang katanya bisa ngebantu do’i kabur.

Baby Doll nggak sendirian, dia ditemenin sama cewek-cewek yang bisa bikin geek manapun berusaha sekuat tenaga nahan iler biar gak netesin keyboard—soalnya mereka majuin muka ampe idungnye nempel layar. Ada Sweet Pea (Abby Cornish), Rocket (Jena Malone), Blonde (Vannessa Hudgens yang baru aja lulus dari sekolah musik dan sekarang pake seragam army yang nunjukin jelas lekuk pantatnye) dan Amber (Jaime Chung). Nah, kalo ada diantara kalian yang nganggep nama-nama mereka itu kayak pemaen bokep, lo nggak sendirian, ada gue—dan nerd-geek-lifeless lainnya.

Sesingkat itu, sesimpel itu. Makanya, nggak heran kalo orang-orang yang mungkin intelek dari kubu satu pada protes plotnya kosong. Tapi bos, apa director yang dikasih budget yang bisa bikin seseorang nenggak J&D buat gantiin aer putih bakalan bikin pelem tanpa pake otak? Gue rasa nggak.

Ini film yang ditujukan buat nyindir perfilman jaman sekarang, dan bagi gue, kalau mau nyindir, sekalian aja tampol mukanya dari depan. Terus, kalo mau nampol, maka tampol dengan cara yang paling keren. Mungkin itu yang dipikirin Snyder pas boker di WC sambil twitteran. Maka semua hal yang dianggap seseorang itu ‘fun’, terkumpul, diseleksi dan dimasukin ke film ini tanpa mikirin kesinambungan dan jalan cerita. Yah, ini gue lagi ngomongin film dimana ada anak cewek yang dimasukin ke RSJ, dan dia ngayal lagi ada dirumah bordil gaya Barok.

Film ini berbicara soal stereotipe fun, dan gimmick Holiwut. Jadi nggak heran kalau tokoh-tokoh yang ada didalemnya juga ajaib, pokoknya, kumpulan yang bikin lo susah tidur pas mereka nongol satu frame bareng. Ada cewek pirang rambut panjang, cewek pirang rambut pendek, Hispanik-Amerika yang seksi tanned, Asia-Amerika yang binal, terutama, Baby Doll dengan seragam siswi Jepang plus muka inosen teraniyaya-hopeless yang bikin setiap oom-oom senang rela keluar duit lebih buat ngajak jalan cewek bermuka demikian. Kurang apaan lagi? Dari sisi fun, lo bisa nemuin gambar-gambar ridikulus yang bikin lo nyengir bergumam ‘no shit’ dan empat kali lipat lebih fokus karena lo nggak mau lewatin satupun frame-nye. Gimana nggak? Kalo lo bisa liat Samurai Tengu bawa gatling gun dan Gundam dengan pilot cewek (sambil ngemut lolipop) nembakin Krauts zombie-steam pas World War, maka lo akan lupa kalo Titanic itu pernah eksis.

Amen


Sucker Punch itu pelem cerdas dengan cara yang goblok. Dia nggak berusaha untuk keliatan intelek dengan nambah-nambahin plot cerita—lagipula, yang dijual di pelem ini bukan itu, semua orang yang nonton juga nungguin kapan Baby Doll mulai ngehipnotis dengan joget—yang kayaknya sih striptease—dan masuk ke alam bawah sadar level 2. Pinter nyindir gimmick perfilman jaman sekarang, dan pinter karena tau selera penonton macem gue: cewek cakep semok, robot, zombie, orc, naga, dan fantasi-fantasi lainnya yang biasanya lo mimpiin waktu dulu lo belom mimpi basah. Poin penting laennya, khususnya buat gue, pelem ini nggak berusaha ngeboongin penontonnya dengan bikin trailer fake. Tau kan maksud gue? Kayak, lo bikin judul pelem Tarian Sundel Bolong Perawan Dari Pengkolan Keramat Pondok Labu, sementara pelemnya kagak ngejelasin, bagian manenye yang perawan. Kampret. Dia bikin trailer yang emang itulah adanya, bahkan lebih dari ekspektasi. Gue yang gampang ketipu trailer pun (heuh) tertolong banget.


Walaupun kembali ke soal selera, tapi gue tetep heran kenapa para kritikus ntu pada ngasih review buruk soal pelem ini. Pelem ini udah nyediain semuanya, walau emang kalau ada cerita yang lebih oke ya bakalan lebih bagus, tapi ya.. ini nggak jelek, bung! Pertanyaan gue, emang mereka nggak pernah ngalamin masa-masa dimana lo mengakui bahwa robot itu keren, samurai itu lebih keren lagi, dan naga adalah sesuatu yang bisa bikin mata lo belo meneliti tiap lekuk sayapnya yang badass? Kalau lo menukar segala kenikmatan itu dengan review gembel demi kredibilitas lo sebagai reviewer film artistik berkualitas, seenggaknya jangan larang anak elo-elo pada buat nonton pelem ini, mereka butuh itu! Ha!

1 komentar:

Nike Nisa mengatakan...

artikelnya selalu menarik..
tapi up datenya jangan terlalu lama yah :D
thank ya sangat membantu
kalau mau tau rahasia cantik para artis main ke web ku yaa ^_^
index:beauty water.id - index:obatkuatalong.com - index:pembesarpenisjakarta.com
obat kuat
obat kuat pria
obat pembesar penis
vimax asli
pembesar penis jakarta
sex toys wanita
obat perangsang
obatkuatalong.com - juraganobatimport.com

Posting Komentar